Senin, 11 September 2017

Pengantar Manajemen



Manajemen atau management adalah upaya terarah dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.
Griffin dalam bukunya yang berjudul “MANAGEMENT” menyatakan bahwa Manajemen adalah proses merencanakan dan mengambil keputusan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya manusia, keuangan, fisik dan informasi guna mencapai sasaran organisasi dengan yang efisiendan efektif.(Griffin, 1987).
Proses Manajemen
Gambar 1: Proses Manajemen
Faftor produksi           Perencanaan   Pengorganisasian   Kepemimpinan   Pengendalian    
SDM

SD KEUANGAN                                                                                                                             SASARAN

SD FISIK

SD INFORMASI


 
 Sunber: Griffin, “Managenment”
Fungsi manajemen:
1.      Perencanaan dan Pengambilan Keputusan (Planning and Decision Making)
2.      Pengorganisasian (Organizing)
3.      Kepemimpinan (Directing)
4.      Pengendalian (Controlling).
Bentuk-bentuk  Prinsip Manajemen:
1.      Management by Exception (MBE) pelaksanaan manajemen berdasar pengecualian. Yang dimaksud adalah suatu prinsip manajemen yang menyatakan bahwa manajer yang bertanggung jawab atas tercapainya sasaran atau terlaksananya suatu kegiatan untuk mencapai sasaran tersebut akan menerima laporann kemajuan kegiatan, hanya jika dalam pelaksanaannya terjadi penyimpangan yang cukup signifikan.
2.      Management by Objective (MBO) adalah pelaksanaan manajemen berdasar sasaran. Artinya sebuah pelaksanaan proses manajemen dengan melibatkan seluruh anggota organisasi yang terkait (atasan dan bawahan) dalam proses pengambilan keputusan dan menetapkan sasaran dilaksanakan melalui kerjasama dalam tim.
3.      Management Games, atau permainan manajemen adalah salah satu alat pendidikan dalam bentuk latihan yang digunakan dalam pendidikan manajemen.
4.      Management Grid adalah suatu konsep manajemen yang menitikberatkan pada Kepemimpinan (Robert & Mouton : The Management Grid III) 
                                       Gambar 2: Management Grid
Tinggi
9,9 manajemen ideal
 
1,9 manajemen gaya santai
 
               9
P
E
R
H
A
5,5 manajemen gaya moderat
 
T
I
A
N

pd
manusia





1,1 manajemen gaya pemiskinan
 

9,1 manajemen gaya ketat
 

 
Rendah
                  0
                     0                                                                                                          9                  
                      Rendah                            Perhatian pd produksi                        Tinggi

Tingkatan dan Ketrampilan manajemen (Technical, humanity and conceptual skill)
Gambar 3: Tingkatan dan ketrampilan manajemen
           
            Manajemen                              Manajemen                              Manajemen
             Lini Pertama                           Menengah                                   Puncak
           
            Conceptual                 
                                                            Conceptual


 
            Humanity                                                                                Conceptual
                                                            Humanity


 
                                                                                                            Humanity

            Technical                                 Technical
                                                                                                            Technical

Keterangan: Porsi ketrampilan untuk manajemen lini pertama, kebutuhan ketrampilam teknik paling besar porsinya ketimbang ketrampilan hubungan antar karyawan dan ketrampilan konseptual sangat kecil.Ketrampilan bagi manajer menengah relatif porsi nya rata-rata antara kebutuhan teknik, hubungan antar karyawan dan konseptual, sedangkan manajemen puncak porsi kebutuhan ketrampilan kebalikan dengan manajemen lini pertama, yakni ketrampilan konseptual  yang paling besar diperlukan bagi manajer puncak (Top manager).

Beberapa tipe manajemen:
1.      Manajemen Gaya Cina. Menganut falsafah Confusius – Kong Hu Cu dengan menggunakan pendekatan Pola hubungan utama antar manusia ( Wu – Lun )
a.       Hubungan antara ayah dan anak harus ada kasih sayang.
b.      Hubungan antara penguasa dengan rakyat harus ada kebenaran dan keadilan.
c.       Hubungan antara suami dan istri harus memperhatikan peran masing-masing. Tugas suami bekerja (eksternal keluarga) dan istri mengatur rumah tangga.
d.      Hubungan antara kakak dan adik harus ada ketertiban dan kedamaian.
e.       Hubungan antara kerabat dan teman-teman atau mitra kerja/bisnis harus ada kesetiaan dan kejujuran.
2.      Manajemen Gaya Jepang (Zen – Samurai)
Ciri-ciri: efektif, efisien dan produktifitas yang tinggi (Manajemen Gaya Barat).
Elemen dasar manajemen gaya Jepang:
a.       Collectivism (kebersamaan)
b.      Homogenity (Kesamaan)
c.       Confusius (Kepatuhan, bertanggung jawab dan kerja keras)
d.      Tingkat pendidikan yang tinggi (High education)
3.      Manajemen Gaya Jawa menganut falsafah Jawa
a.       Alon-alon waton kelakon (Pelan-pelan asalkan terlaksana dan tercapai tujuan)
b.      Gotong royong (berkerja sama berat sama dipikul ringan sama dijinjing)
c.       Mangan gak mangan asal kumpul (Untung atau rugi yang penting tetap bersama)
d.      Dan lain-lain
4.      Manajemen Syariah, manajemen islami
5.      Manajemen Kalbu, dan lain-lain (silahkan di cari di beberapa sumber, kamus, ensiklopedia, dictionary, searching di internet)
Prinsip-prinsip Manajemen (Henry Fayol)
a.       Pembagian Kerja (Division of Work)
b.      Wewenang dan Tanggung jawab (Authority and Responsibility)
c.       Disiplin (Discipline)
d.      Kesatuan Pertintah (Unity of Command)
e.       Mengutamakan kepentingan organisasi diatas kepentingan sendiri.
f.       Penggajian pegawai.
g.      Pemusatan (Centralization)
h.      Tingkatan (Hierarchy)
i.        Ketertiban (Order)
j.        Stabilitas kondisi karyawan.
k.      Prakarsa (Initiative).
l.        Semangat Kesatuan, semangat korps.

Manajer adalah orang yang bekerja melalui orang lain dengan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai tujuan atau sasaran organisasi.
Tingkatan Manajer:

Gambar 4: Piramida Tingkatan Manajer



 


Top


 
Middle


 
First Line


 
Workers


 
1.      Manajer puncak (Top manager) dikenal pula dengan istilah Executive Officer, bertugas merencanakan kegiatan dan strategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh: CEO (Chief Executive Officer); CIO (Chief Information Officer); CFO (Chief Financial Officer). Dan lain-lain.
2.      Manajer tingkat menengah (Middle Manager) mencakup semua manajer yang berada diantara manajer lini pertama dengan manajer puncak dan bertugas sebagai penghubung antara keduanya, Contoh: Kepala-kepala Bagian, Pimpinan Proyek, Manajer Pabrik, Manajer divisi dan lain-lain.
3.      Manajer lini pertama (First Line Manager) atau manajer operasional, merupakan tingkat manajer yang paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non manajerial Workers). Contoh: Penyelia (Supervisor); Manajer Shift; Manager area; Manajer Kantor, Mandor (Foreman). Dan lain-lain.
(Sumber: Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis dan Manajemen 1992, jilid 1, PT Cipta Adi Pustaka, Jakarta, hal 371 - 379)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar